top of page

Cara supaya produktif mulai awal tahun 2021

Hello hello!


Di akhir tahun 2020 kemarin, gue memutuskan untuk merekap atau mereview ulang semua kegiatan yang aku lakukan selama satu tahun. Setelah itu aku mencoba untuk mencocokannya dengan bucket list yang sudah aku buat juga di awal tahun. Tau apa hasilnya? Hampir 30% kegiatan yang gue lakukan jauh dari goals yang gue buat di awal tahun 2020. Dan jujur, gue baru pertama kali ngerasain yang namanya sedih karena goal yang gagal tercapai.


Maybe you guys will think that I'm a real ambitious or workaholic, tapi kenyataannya gue bersikap seperti ini karena gue merasa belum cukup siap untuk menghadapi dunia kerja di 1-2 tahun mendatang. Minggu depan gue bakal mulai kuliah dan masuk semester 6, yang artinya sebentar lagi gue bakal nyusun skripsi. Pun future plan yang gue buat di awal tahun 2020-- yaitu fokus belajar penerjemahan (nanti bakal gue ceritain di post mendatang), jadi kurang relevan. Hingga akhirnya gue merasa perlu untuk merubah target pencapaian di tahun 2021.


So what have I done in the last day of 2020?


1. Reviewing every single part in 2020

Jadi pertama-tama, gue mencoba untuk ngebuka-buka lagi buku planner karena disitulah semuaaa kegiatan gue tercatat. Setelah itu gue mencoba untuk berbicara sendiri biar pikiran-pikiran yang gue pendem bisa keluar semua karena aslinya gue emang lebih seneng ngomong ketimbang nulis heheh. I making a habit of talk to myself and record it since November, andd it works great for me! Di rekaman itu gue ceritain semua mimpi-mimpi gue di tahun 2020, kegiatan yang gue jalani, suka-duka, love life, dan semuanya. Sampe akhirnya gue jadi tau, apa yang harus gue fokusin di tahun depan.


2. Mulai dari awal lagi

Karena gue gamau berlarut-larut terlalu lama dalam kenangan di tahun 2020, gue memutuskan untuk bikin wishlist yang bener-bener-bener baru dan pastinya relevan dengan kemampuan gue saat ini. Dibawah ini adalah wishlist yang formatnya gue dapetin dari YouTube A-hong Paper Log

Disini gue nulis pekerjaan atau kegiatan apa aja yang sudah, sedang, dan belum dilakukan. Format ini bener-bener ngebantu gue buat ngatur target dan memaksimalkan waktu satu tahun dengan lebih baik lagi. Dengan membuat tujuan yang terarah, gue bisa mengatur jadwal agar kegiatan gue lebih efektif dan terancang dibanding sebelumnya.



3. Yauda, jalanin aja

Menurut gue, selama manusia punya target yang jelas, pasti hidupnya bakal terarah. Jadi apapun target lo, dan jika menurut lo target itu bisa lo gapai ya pede dulu aja. Gue sendiri sampai detik ini masih kesulitan untuk mengatur waktu, terutama waktu belajar, socialize, dan beberes rumah (yang anak rumahan pasti ngerti wkwk). Tapi bukan berarti lo pasrah aja ga bikin plan apa2 setelah ini ya :D Nah di post mendatang gue bakal tulis gimana cara gue ngeplanning kegiatan sehari-hari, so stay tune and stay healthy everyone!


Comments


bottom of page